Profile

* Selamat Datang Di PNPM-MPd Kabupaten Sidoarjo Jangan Lupa Mengisi Kotak Saran Dan Komentar*

Jumat, 21 November 2014

Pelatihan Peningkatan Kapasitas

“ PELATIHAN MEMBAWA BERKAH “


Usulan peningkatan kapasitas atau pelatihan untuk kelompok usaha perempuan baru pertama kali ini dilaksanakan di desa Janti kecamatan Tarik kabupaten Sidoarjo. Antusias masyarakat khususnya perempuan sangat tinggi, kelihatan sekali dari semangat dan niat yang tinggi. Di sinilah ditemukan embrio – embrio para perempuan untuk membentuk kelompok usaha yang mandiri. Pelaku desa dan masyarakat desa mendukung penuh kegiatan pelatihan pembuatan kue basah dan kue kering. Setelah sosialisasi  dari PNPM Mandiri Perdesaan mengenai kegiatan peningkatan kapasitas ini terbentuklah 2 kelompok usaha perempuan yaitu kelompok “ Melati “ dan kelompok “ Dahlia “, dimana 1 kelompok terdiri dari 10 anggota.
Pada waktu mengikuti pelatihan pembuatan kue kering dan kue basah terlihat sekali semangat dan sorak gembira dari 2 kelompok ini, pelatihan ini dilaksanakan dibalai desa Janti pada tanggal 13 September 2013 hari Jum’at, pihak desa menyediakan tempat yang cukup nyaman dan bersih untuk pelatihan itu sebagai dukungan penuh dari kepala desa beserta perangkat desa. Anggota pelatihan ini rata – rata dari RTM perempuan dan pengangguran khususnya perempuan. Jenis Kue yang dilatihkan adalah kue basah brownis kukus black forest, Bolu kukus mekar rainbow, dan kue kering Semprit vanilla cookies, lidah kucing rainbow. Pihak kecamatan pun ikut mendukung dan berpartisipasi dengan disediakan otlet aneka camilan serta kue kering dan kue basah, tujuannya agar kelompok usaha perempuan yang sudah dilatih dapat langsung berproduksi dan dipasarkan sehingga dapat menjadi incam dan tambahan kebutuhan ekonomi.
Pasca pelatihan kelompok mengadakan pertemuan untuk pembahasan modal dan sistim kerja produksi serta pemasaran. Kami menganjurkan untuk modal dapat mengajukan pinjaman ke SPP ke PNPM Mandiri Perdesaan. Kelompok memulai produksi dan memasarkan di lingkup desa Balongmacekan, sekarang sudah bisa droping kue kering dan kue basah ke outlet kecamatan, kelompok pun sudah banyak menerima pesanan dari Desa Janti utuk kegiatan PKK se kecamatan Tarik dengan jumlah 140 bungkus dan mendapat pesanan lagi untuk kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan yaitu pelatihan SEKDES dan LPMD sebanyak 50 bungkus dan IST Panitia lelang sebanyak 70 bungkus, mendapat pesanan dari tetangga yang punya hajat 300 bungkus, dan masih banyak pesanan dari desa lainnya, incam kelompok pun bertambah banyak, laba dari penjualan tidak langsung dibagi untuk anggota tetapi untuk membayar angsuran SPP dan untuk penambahan modal, jika dirasa asset sudah cukup baru pembagian laba untuk anggota. Pelatihan pembuatan keripik untuk kelompok usaha perempuan yang difasilitasi oleh PNPM Mandiri Perdesaan bias dikatakan berhasil.
Pada waktu MAD pertanggungjawaban TA. 2013 telah diselenggarakan pameran produk kelompok khususnya perguliran, kelompok…… dan kelompok…..mengikuti pameran tersebut membawa produk kue kering dan kue basah sebanyak 100 bungkus dan dalam waktu 2 jam kue tersebut habis dibeli pengunjung / para undangan MAD, bahkan ada salah satu pengunjung pesan sebanyak 30 toples kue kering.
                  Keberhasilan kelompok Usaha Perempuan di desa Janti ini dapat di contoh oleh desa lainnya yang ada di kecamatan Tarik, sehingga banyak terbentuklah kelompok usaha perempuan yang mandiri dan sukses, initinya adalah niat, semangat, kebersamaan yang tinggi, semoga kelompok “ Melati dan Dahlia “ bertambah sukses dan berkembang.




Tarik, April 2014
Ratna Dewi Pangestu

Prinsip PNPM Mandiri Perdesaan :

1.Transparansi, 2.Keberpihakan pada Orang Miskin, 3.Partisipasi Masyarakat, 4.Prioritas Kebutuhan, 5.Kesetaraan Gender, 6.Akuntabilitas, 7.Keberlanjutan. Anda tengah berkunjung di Web Blog PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Sidoarjo di www.pnpmsidoarjo.blogspot.com

Poll