Profile

* Selamat Datang Di PNPM-MPd Kabupaten Sidoarjo Jangan Lupa Mengisi Kotak Saran Dan Komentar*

Jumat, 21 November 2014

MAD Penetapan Usulan TA 2014 Kecamatan Tarik

USULAN DARI PEREMPUAN (POLINDES) DESA BANJARWUNGU
MENJADI RANKING TERATAS

    Desa Banjarwungu Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo merupakan desa yang  terletak  di sebalah timur kecamatan Tarik. Masyarakat disana sangat mendambakan adanya sebuah pusat pelayanan kesehatan yang ada di desa Banjarwungu sendiri karena jarak ke Puskesmas Tarik lumayan jauh kurang lebih 3 kilometer. Hal ini dikeluhkan oleh masyarakat terutama lansia jika mereka ingin berobat. Dengan masalah tersebut diatas maka KPMD Desa Banjarwungu yaitu Sumarmiati dan Supardi melakukan penggalian gagasan dalam Musyawarah dusun. Dari hasil Musdus hampir semua dusun mengusulkan adanya Polindes di Desa Banjarwungu. Pada bulan Oktober tahun 2013 Desa Banjarwungu mengadakan Musyawarah Desa Perencanaan. Difasilitasi oleh Fasilitator Kecamatan, warga masyarakat yang hadir antusias sekali untuk mengkompetisikan usulan dari dusun masing-masing. Akhirnya didapatkan 2 usulan selain usulan SPP yaitu usulan dari Musyawarah Desa Khusus Perempuan mengusulkan Gedung Polindes  di dusun Kaliwungu dan dari Musyawarah Desa Campuran menghasilkan usulan Irigasi sepanjang  501 meterdi dusun Klinter.
    Pada tanggal 28 Februari 2014 di Kecamatan Tarik diadakan MAD Penetapan Usulan Tahun Anggaran 2014. Setelah melalui diskusi kelompok yang ketat ternyata usulan Polindes Desa Banjarwungu menempati ranking teratas. Adapapun nilai pendanaan Polindes  ini adalah sebesar Rp. 122.508.000,- yang terbagi atas operasional UPK 2% sebesar Rp. 2.450.000,- , operasional TPK 3% sebesar Rp. 3.675.000,- dan pendanaan kegiatan sebesar Rp.  116.383,000,- . Sedangkan swadaya yang berhasil dihimpun dari masyarakat sebesar Rp. 3.000.000,-.
    “Semoga dengan akan dibangunnya Polindes di desa Banjarwungu menjadikan manfaat yang besar dan masyarakat lebih mudah untuk mengakses kesehatan” kata salah satu warga desa disekitar lokasi yang akan dibangun Polindes.

Tarik, 10 April 2014

0 komentar:

Posting Komentar

Prinsip PNPM Mandiri Perdesaan :

1.Transparansi, 2.Keberpihakan pada Orang Miskin, 3.Partisipasi Masyarakat, 4.Prioritas Kebutuhan, 5.Kesetaraan Gender, 6.Akuntabilitas, 7.Keberlanjutan. Anda tengah berkunjung di Web Blog PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Sidoarjo di www.pnpmsidoarjo.blogspot.com

Poll